close
close
0
Dikirim pada 13 Oktober 2010 di kesehatan

 

 

Kertas kecil yang suka kita tempel di depan layar monitor atau sekat cubicle adalah cara kita untuk memfokuskan diri pada aktivitas utama. Tapi tidak jarang, saking banyaknya post it yang tertempel justru membuat kita semakin stres.

Sebenarnya tidak salah untuk membuat daftar keinginan di antara kertas-kertas kecil itu. Dan jadikan trik berikut sebagai cara untuk membuat to-do list tanpa menimbulkan perasaan tertekan.

Mulailah dengan dua daftar terpisah. Satu untuk hal-hal yang memerlukan perhatian dan tindakan yang cepat, sedangkan bagian yang lainnya untuk sesuatu yang bisa ditunda. Perbarui daftar ini setiap hari atau seminggu sekali.

Jangan ragu mendelegasikan tugas. Tidak salah untuk meminta tolong kepada orang-orang terdekat ketika kita tidak memiliki waktu banyak atau tidak mampu mengerjakan daftar keinginan seorang diri. Misalnya, meminta suami mampir sebentar ke swalayan untuk membeli buah-buahan adalah pilihan bijak ketimbang memaksakan diri melakukan hal tersebut usai lembur.

Jangan lupa bersenang-senang. Siapa bilang, to-do list hanya bernapaskan perintah atau target-target pekerjaan. Kita juga wajib memasukkan kegiatan yang bersifat rekreasi ke dalam to-do list mingguan. Misalnya  nonton bersama sahabat di hari Sabtu atau Minggu sore.

Terapkan aturan “90 hari”. Ini adalah aturan yang mewajibkan kita, ketika tugas-tugas tidak selesai dalam waktu 90 hari ke depan, kita harus mengevaluasi diri untuk mencari tahu di mana letak kesalahannya. Setelah itu, pikirkan apakah rasa bersalah yang menghantui tersebut sepadan dengan pentingnya tuga dilaksanakan. Jika kita memilih untuk menjawab tidak pantas, hapus saja dari daftar dan lupakan. (Lily Turangan/Siagian Priska)



Dikirim pada 13 Oktober 2010 di kesehatan
comments powered by Disqus
Profile

friendly, ...yuk semangat,sholihah, cerdas, n ikhlas. Muslimah itu anugerah terindah dunia. ia lembut tp tidak lemah---mpesona tp bersahaja...ia tahu bgmana menjaga izzah dirinya..ia mengerti bgmna mnjaga akhlaq dan kemuliaannya..itulah yg membuatnya istimewa dibanding wnta lainnya. ilmunya telah mengangkatnya menjadi permata terindah di dunia.. wa akherat...tetap semangat More About me

BlogRoll
Statistik
    Blog ini telah dikunjungi sebanyak : 490.159 kali


connect with ABATASA